SEL HEWAN DALAM PENJELASAN TERPERINCI

Kita pasti telah mendapatkan pelajaran mengenai sel heewan dan tumbuhan dalam pelajaran biologi. Bahkan tak jarang juga kita diharuskan untuk menggambarkan kembali struktur sel hewan yang telah kita pelajari. Apabila anda sudah lupa dengan pelajaran yang anda dapatkan, kami akan membantu anda mengingat pelajaran tersebut.

Struktur sel hewan dan fungsinya

Penelitian untuk mengetahui struktur sel hewan sudah banyak dilakukan oleh penelitian. Dan ilmu tentang sel sudah ada sejak berabad-abad lalu. Lalu bagaimanakah jika kita ingin tahu tentang struktur sel hewan? Berikut ini adalah penjelasan mengenai struktur sel hewan beserta kegunaan dari masilng-masing organel sel.

  1. Membran sel

Membran sel adalah kemasan pembungkus sel yang terbuat dari zat semacam protein dan lemak. Selain berfungsi sebagai pembungkus sel, membran sel juga berfungsi untuk mengatur mineral dan nutrisi yang keluar masuk ke dalam sel.

  1. Sitoplasma

Sitoplasma adalah sebuah organel sel yang memiliki fungsi sebagai tempat terjadinya pencernaan atau metabolisme sel hewan. Sitoplasma merupakan bagian dari nukleus atau yang biasa disebut sebagai inti sel. Ada bagian sitoplasma yang berupa gel, ada juga sitoplasma yang berbentuk padat. Selain sebagai tempat terjadinya proses metabolisme sel hewan, sitoplasma juga dapat berfungsi sebagai sumber bahan kimia bagi sel hewan.

  1. Retikulum Endoplasma

Jika berbicara tentang Retikulum Endoplasma, anda pastinya ingat jika RE terbagi menjadi dua, yaitu RE kasar dan RE halus. Perbedaan kedua jenis RE ini adalah RE halus tidak terikat dengan ribosom, sedangkan RE kasar terikat dengan ribosom. Retikulum Endoplasma sendiri memiliki fungsi sebagai pembentuk rantai polipeptida (protein) dengan bahan dasar asam amino dibawah tRNA yang terjadi pada saat proses penerjemahan atau translasi.

  1. Sentriol

Sentriol merupakan suatu organ sel hewan berbentuk tabung yang terdapat pada sel eukariota atau sel dengan inti sati yang tidak bisa berkembang lagi. Sentriol berperan dalam pembentukan silia dan flagela. Selain itu, sentriol berfungsi sebagai pembentuk benang-benang spindel pada sel hewan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *