Keindahan Kampung Para Satria di Kaki Gunung Slamet

Kabupaten Banyumas adalah bagian dari wilayah budaya Banyumasan yang berkembang di Jawa Barat bagian barat. Bahasa lisan adalah Banyumasan, salah satu dialek Jawa, yang sangat berbeda dari dialek Jawa. Banyumas memiliki banyak ksatria pada masanya. Dalam karya klasik ada Adi Pati Wirasaba, Joko Kaiman, dll. Kemudian dalam Perang Kemerdekaan ada Jenderal Sudirman, Gatot Subroto, Sony Harsoeno, Hasir Hadi Broto, Soparjo Roestam, Soorono dan lainnya. Ini berarti bahwa kauat ini pantas disebut kota Satria

Musik tradisional Banyuma juga memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan musik Jawa lainnya. Calung, adalah alat musik yang terbuat dari potongan bambu yang ditempatkan dan dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik Banyuma yang terbuat dari bambu wulung mirip dengan gamelan Jawa. Kabupaten Banyuma dilintasi oleh jalan nasional yang menghubungkan kota Tegal-Purwokerto. Ada juga jalan raya selatan Bandung-Yogyakarta-Surabaya. Bupati juga memiliki jalur kereta api Jakarta-Cirebon-Purwokerto-Yogyakarta-Surabaya selatan. Stasiun Purwokerto adalah stasiun terbesar di Jawa Barat bagian barat.

Tempat kerja wisata Baturraden
Di sejumlah lokasi terpisah, pengunjung situs wisata Banyuma disuguhi berbagai pertunjukan seni lokal seperti Kenthongan, Calung, Ebeg / Lumpy Horse, musik tradisional, dan lainnya. Di beberapa sudut ada juga berbagai fasilitas dan mainan anak-anak berbayar, seperti teater alam. The Natural Theatre berbentuk pesawat Foxer 28 dari Garuda Indonesia, sehingga mereka yang belum pernah ke pesawat dapat mencoba fasilitas ini. Biasanya menampilkan film pendek tentang sifat Indonesia, bukan film kantor Hollywood. Di Baturraden Lokawisata adalah kolam renang yang cukup besar yang dilengkapi dengan berbagai drive game. Kolam renang yang ada dapat dimainkan oleh anak-anak dan orang dewasa. Jika Anda memiliki anak kecil, ada juga kolam renang khusus untuk anak kecil.

Telu shower dengan air panas
Pancuran Telu adalah sumber air panas terdekat di kompleks Baturraden. Tujuan wisata BAnyuma hanya berjarak 500 meter dari pintu masuk Lokawisata Baturraden. Sedangkan jarak ke Pancuran Pitu adalah sekitar 2,5 km. Selain berenang gratis di kolam renang balita terbuka, pengunjung objek wisata Banyuma ini juga bisa merasakan kehangatan air hangat Pancuran Telu. Air panas keluar dari kamar mandi di sana. Kamar mandinya tertutup rapat di kabin-kabin kecil. Disebut shower Telu karena yang asli di tempat ini hanya ada tiga shower dengan air panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *