Inilah Pengertian Akuntansi Paling Simpel

Akuntansi berasal dari kata Akuntansi / Accounting / Constituency, yang berarti proses mengidentifikasi, mencatat, mengklasifikasikan, memproses dan menyajikan data terkait dengan keuangan atau transaksi, sehingga mudah untuk memahami keputusan yang tepat. Masih kurang puas? silahkan buka guruakuntansi.co.id untuk mendapatkan pembelajaran dan mengenal lebih dekat mengenai akuntansi. Namun dibawah ini juga bisa menjadi referensi untuk anda.

  • Amin. W. (1997): Akuntansi adalah bentuk kegiatan dalam mengidentifikasi, mengukur, mengklarifikasi dan memahami ruang lingkup suatu transaksi atau peristiwa ekonomi yang dapat memberikan data kuantitatif yang terutama bersifat finansial dan digunakan untuk membuat keputusan.
  • American Accounting Association: Accounting adalah proses mengidentifikasi, mengukur dan juga melaporkan informasi keuangan untuk memungkinkan pencatatan dan keputusan yang jelas dan konklusif bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.
  • Warren et al (2005): Secara umum, akuntansi bisa didefinisikan sebagai sistem informasi yang menghasilkan suatu laporan kepada pihak yang berkepentingan tentang kegiatan keuangan dan hubungan bisnis yang berguna dalam pengambilan keputusan.
  • American Institute of Certified Public Accountants: Akuntansi adalah suatu bentuk seni yang mencatat, merangkum dan mengelola proses tertentu dan langkah-langkah moneter dan transaksi, yang biasanya bersifat ekonomi dan menafsirkan hasilnya.
  • Abu Bakar A dan Wibowo: Akuntansi adalah proses identifikasi, pendaftaran dan komunikasi untuk semua transaksi keuangan dengan konten atau perusahaan.

Menanggapi yang disebutkan di atas (“Tidak menarik untuk masuk ke bidang akuntansi karena itu bukan uang yang dihitung sendiri”), tampaknya peran akuntansi perusahaan atau organisasi sangat penting, Quipperian. Tanpa akuntansi yang tepat dan akurat, proses memasukkan dan meninggalkan uang tidak dapat dilacak dan bahkan dapat menyebabkan kerugian karena pihak-pihak tertentu ingin menang sendiri. Nah, di sini Anda memiliki pengetahuan akuntansi yang diperlukan. Tidak diperlukan perusahaan besar, perusahaan kecil dan organisasi kecil yang benar-benar membutuhkan proses akuntansi yang baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *