Biaya lisensi Microsoft untuk Organisasi Riset Nuklir Eropa

Hasil gambar untuk riset nuklir eropa

Selama 20 tahun terakhir, Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN) telah menggunakan produk Microsoft. Tetapi sekarang mereka mulai menggantinya dengan perangkat lunak open source.

Alasan untuk perubahan ini adalah bahwa Microsoft sebelumnya telah memberikan diskon khusus kepada CERN untuk institusi akademik. Namun, ketika kontrak berakhir pada bulan Maret, Microsoft tidak lagi menganggap CERN sebagai lembaga akademis.

Menurut CERN dalam posting blognya, nilai lisensi dalam kontrak baru telah meningkat lebih dari sepuluh kali lipat. Akibatnya, CERN telah menghentikan penggunaan produk-produk Microsoft dan beralih ke perangkat lunak open source atau yang disebut sebagai alternatif Microsoft (MAlt).

Tujuan MAlt adalah mengembalikan kontrol penuh CERN melalui perangkat lunak sumber terbuka. Jadi, Anda tidak harus bergantung pada perusahaan komersial untuk membiarkan data tidak tersentuh oleh “tangan” lain.

Proyek ini dimulai dengan migrasi layanan email perusahaan yang awalnya berfokus pada departemen TI dan sejumlah sukarelawan lainnya. Jika berhasil, CERN akan mentransfer semua email dari karyawannya ke layanan email baru, termasuk perpindahan dari Skype for Business ke Pilot Softphone.

Dalam masa transisi 10 tahun ke depan, Microsoft benar-benar ingin memberikan harga khusus bagi lembaga untuk beradaptasi. Namun, CERN terus percaya bahwa tarif masih mahal dan sulit dicapai dalam jangka panjang.

Di sisi lain, CERN juga berharap untuk membujuk lembaga lain untuk beralih ke perangkat lunak open source. Yaitu, dengan menunjukkan bahwa mereka dapat menciptakan layanan dasar tanpa intervensi dari perusahaan pihak ketiga.

“Ketika perusahaan terus meningkatkan tarifnya, kita dapat melihat lebih banyak institusi menggunakan perangkat lunak sumber terbuka,” kata CERN dalam posting blognya, seperti dikutip oleh Engadget, Jumat (14/6/2013).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *